You are here: Home Magister Info Seputer Prodi Magister Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Hangtuah Surabaya

Kegiatan Prodi Magister Hukum

Sosialisasi Hukum Kesehatan Terpadu di Kabupaten Nganjuk

E-mail Print PDF

   

  

Mahasiswa S2 UHT Sosialisasi Hukum Kesehatan   

NGANJUK – Persoalan-persoalan di bidang kesehatan mulai muncul seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan. Masyarakat pun berpikir kritis terhadap aspek hukum yang melingkupi dunia kesehatan. Hal inilah yang mendorong Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum Minat Kajian Hukum Kesehatan Universitas Hang Tuah melakukan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Sosialisasi Hukum Kesehatan Terpadu di Dinas Kesehatan Nganjuk, Rabu, 26 Februari 2014.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh tujuh mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Hang Tuah. Diantaranya, Suharmanto SH, Dokter Ulum Rokhmat Rokhmawan dr, Yusran Abbas, SH, Hikmatul Qosimah, Dokter Inna Hidajati, Basuni, dan Wakhid SH. Didampingi pula oleh Wakil Dekan I Nurul Hudi, SH, MH dan Sekretaris Prodi Magister Bambang Ariyanto, SH, MH.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Sugeng Budi W, SKM, MM menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Sugeng mengaku dengan perkembangan dunia kesehatan saat ini, dibutuhkan kesadaran dan kemampuan dari pelaku-pelaku kesehatan seperti dokter, perawat, tenaga medis untuk memahami aspek hukum yang melingkupinya. Jangan sampai tenaga medis ini yang awalnya berniat menolong, malah menjadi pihak yang disalahkan, karena tidak memahami kaidah-kaidah hukum. ”Saya berharap kegiatan semacam ini bisa berjalan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Dalam sosialisasi hukum kesehatan terpadu ini, ada beberapa aspek yang dibahas. Yakni mengenai Kedudukan hukum rumah sakit, dokter dan tenaga kesehatan dalam pelayanan kesehatan; Aspek Hukum Pelayanan Kesehatan di era BPJS; Penyelesaian Sengketa Medis; dan Kesesuaian Perda No 4 Tahun 2008 di Jatim dengan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Nasional dengan UU No 24 tahun 2011 tentang BPJS. ri

 

 

Last Updated ( Thursday, 17 April 2014 03:33 )